Kamis, 26 Juli 2012

Rahasia Sukses Imam Syafi’i

Di Mekkah, Umur 7 Tahun Imam Syafii hapal al-Qur’an dan umur 10 tahun hapal kitab Muwattho’. Di Madinah, Umur 13 tahun membuat gurunya, imam malik terkagum-kagum karena ia hapal kitab muwatto’dengan baik.  Ini semua diraih karena Beliau memiliki adab yang tinggi terhadap ilmu dan ahlinya. Beliau berkata :
كنت أتصفح الورق بين يدي مالك برفق, لئلا يسمع وقعها
Aku membuka lembaran buku di depan Imam Malik (guru) dengan pelan-pelan supaya beliau tidak mendengar suara (berisik) dari lembaran bukuku. [Sholeh Ahmad Al-Shami, Mawaidh al-imam al-Syafii]

Beliau belajar di tengah keterbatasan sarana belajar, Beliau mengaji dan menulis keterangan di atas tulang dll. Beliaupun memberi nasehat kepada kita semua:


العلم صيد والكتابة قيده  قيد صيودك بالحبال الواثقة, فمن الحماقة أن تصيد غزالة وتتركها بين الخلائق طالقة
“Ilmu itu (bagaikan) binatang buruan, Sedangkan mencatat adalah pengikatnya, Ikatlah hewan-hewan buruanmu dengan tali yang kuat, Adalah bodoh sekali jika anda memburu seekor kijang,Kemudian kau membiarkannya (tanpa diikat) sehingga ia lepas begitu saja diantara hewan-hewan buruan lainnya.

Imam syafii terkenal dengan kecerdasan akalnya. Al-Fadl bin Dakin berkata: Tidak pernah kami melihat dan mendengar seseorang yang lebih sempurna akalnya, pemahamannya dan ilmunya dari pada imam Syafii. imam Syafii berbagi tips untuk menjadikan akal kita cemerlang sbb.:

وأربعة أشياء تزيد في العقل: ترك الفضول من الكلام، واستعمال السواك، ومجالسة الصالحين، والعمل بالعلم.
Empat hal yang bisa menambah (Kecerdasan) akal  : Meninggalkan perkataan yang berlebihan, Menggunakan siwak, Bergaul dengan orang-orang baik (tambahan kitab ihya: dan para ulama) dan mengamalkan Ilmu [Dalam Kitab Hayatul hayawan Karya Al-Dumayri].

Tulisan ini terdapat pada cover belakang BUKU TULIS AN-NUR 2

Tidak ada komentar: