Rabu, 09 Februari 2011

"KEVIN" Puteraku Harapanku


Nama dalam bahasa Arab disebut dengan isim. Makna isim bisa jadi adalah alamat (tanda). Isim juga bisa bermakna as samuu (sesuatu yang tinggi). Sehingga isim (nama) adalah tanda yang tertinggi (mencolok) pada seseorang.

Dengan nama inilah akan membedakan seseorang dan lainnya. Di antara maksud inilah para ulama bersepakat (berijma) tentang wajibnya pemberian nama pada laki-laki dan perempuan. Sehingga tidak boleh seseorang pun di muka bumi ini yang tidak memiliki nama. Karena jika tidak punya nama, bagaimana bisa membedakannya dari manusia lainnya.

Karena pentingnya seseorang memiliki nama, sampai-sampai para pakar hadits ketika menemukan hadits terdapat seorang perowi yang mubham (tidak dikenal namanya), mereka pun mendhoifkan hadits tersebut sampai diketahui jelas siapa nama perowi tersebut.

Di antara urgensi pemberian nama terbaik disebabkan nama dapat membawa pengaruh pada orang yang diberi nama. Oleh karena itu, orang Arab mengatakan,

لِكُلِّ مُسَمَّى مِنْ اِسْمِهِ نَصِيْبٌ

"Setiap orang akan mendapatkan pengaruh dari nama yang diberikan padanya."

Ini menunjukkan bahwa jika nama yang diberikan adalah nama yang terbaik, maka atsarnya (pengaruhnya) pun baik. Oleh karenanya, Nabi shallallahu alaihi wa sallam menyatakan bahwa nama yang terbaik adalah Abdullah karena nama tersebut menunjukkan penghambaan murni pada Allah. Begitu pula, dalam beberapa hadits Nabi shallallahu alaihi wa sallam melarang memberi nama dengan nama yang buruk seperti Ashiyah (wanita yang bermaksiat, dengan huruf ain dan shod), Hazn (sedih) dan Zahm (sempit).

Intinya, nama begitu pengaruh dalam diri orang yang diberi nama. Coba bayangkan bagaimana jika seorang anak diberi nama dengan Hazn (sedih), pasti ia akan jadi orang yang terus-terusan bersedih karena mengingat namanya tersebut. Itulah urgensi penting dalam pemberian nama bagi si buah hati.

Maka dari itu memberi nama janganlah asal-asalan. Cerita teman, kenalannya mempunyai anak yg diberi nama AMAL FIRAT. Sekilas namanya ‘berbau’ Arab dan menarik. Tapi, jika kita baca dari kanan, maka kita akan melihat TARIF LAMA sebagai nama anak tersebut. Usut punya usut, ternyata anak mereka lahir di taxi yg mengenakan tarif lama.

Pengaruh lainnya lagi, dari nama terbaik, seseorang dapat mengetahui bagaimanakah orang tuanya. Orang tuanya dapat diketahui dari nama anaknya, apakah ortunya itu sholih atau tholih (lawan dari sholih). Sebagaimana orang arab pun mengatakan,

مِنْ اِسْمِكَ أَعْرِفُ أَبَاكَ

"Dari namamu, aku bisa mengetahui bagaimanakah ayahmu."

Dari nama yang baik pula, seseorang bisa menyebarkan kebaikan. Lihatlah bagaimana jika seseorang diberi nama "Musa". Dari nama ini, setiap orang yang mendengar nama tersebut bisa mengingat bagaimanakah sifat dan akhlaq mulia dari Nabi Musa alaihis salam.

Sekedar INTERMEZZO, Ada yang menyarankan nama tiap anak = ayat Al Qur’an. Jadi, misalkan punya anak 7 orang, maka anak pertama = ayat pertama, anak kedua = ayat kedua, dst. Nah, jika hendak memanggil semua anaknya, sang ortu cukup teriak,”AL FATIHAH…KUMPUUULL…”.

Oleh karena itu, pemberian nama yang baik di sini termasuk menyebar sunnah hasanah di tengah-tengah umat. Maksud kami ini sebagaimana disebutkan dalam hadits,

مَنْ سَنَّ فِى الإِسْلاَمِ سُنَّةً حَسَنَةً فَلَهُ أَجْرُهَا وَأَجْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا

"Barangsiapa yang memulai mengerjakan perbuatan baik dalam Islam, maka dia akan memperoleh pahalanya dan pahala orang yang mencontoh perbuatan itu." (HR. Muslim no. 1017)

atas Dasar uraian diatas, Maka saya beri Nama anak ketiga saya:

AHMAD ROBBY KAVIN ABDAH

Data KeLahiran
Tanggal : 29 Januari 2011
Jam : 11 : 45 WIB
Bobot : 33 Kg
Panjang : 50 CM
Tempat : Bakalan, Bululawang, Malang

Filosofi Dibalik Nama

أَحْمَدُ رَبِّي كَافٍ عَبْدَهُ
AHMAD
• Nama Nadzar semenjak sebelum lahir
• Tabarrukan dengan Nama Nabi Muhammad SAW yang bersabda : من ولد له مولود فسماه محمدا حبا لي وتبركا باسمي كان هو ومولوده في الجنة
• Ahmadu : dengan Sighot Mudlori' yang berarti saya (sedang) memuji, Mudah2an anak ini menjadi orang yang banyak bersyukur kepada Allah dan pandai berterimakasih kepada sesama manusia.

ROBBY
• Berarti : Tuhanku, Diharapkan anak ini banyak berdzikir dan selalu ingat kepada tuhannya Allah swt sehingga memiliki hati dan kehidupan yang damai dan tentram
• Dalam ilmu balaghah, meng-idlofahkan suatu lafadz (mudhof) kepada lafadz yang lain (mudhof ilayh) terdapat suatu faidah. Dalam nama ini Lafadz "Robbi" di idhofahkan kepada "Ya mutakallim" terdapat faidah tafaulan, yang berarti mengharap kebaikan dan kemulian dari kebaikan dan kemulian Allah SWT.

AHMADU ROBBY
• Merupakan "Iqtibas" (Kutipan) dari awal bait Nadzam Alfiyah Ibnu Malik.
قال محمد هو ابن ملك :: أحمد ربي الله خير ملك
Dengan harapan anak ini mendapat barokah dari Alfiyah dan Pengarangnya Ibnu Malik dalam keluasan Ilmu alat untuk selanjutnya bisa memahami sumber-sumber ajaran agama islam, Al-Quran dan hadits.

KAVIN
• Artinya Orang yang mencukupi, Mudah-mudahan ia menjadi orang yang mencukupi kebutuhan diri sendiri dan orang lain, Suka menolong dan Menjadi orang yang terbaik yaitu yang paling bermanfaat kepada orang lain.

ABDAH
• Yang berarti "HambaNya", Harapan: Mudah-mudahan ia menjadi orang yang selalu meng-Hamba kepada Allah dan memiliki jiwa " hamba" yang identik dengan tawadlu, jauh dari sifat Sombong / Takabbur
• Abdah (Nashob) atau Abduh (Rofa') [dengan tulisan arab yang sama] : mengingatkan Nama ulama besar Pembaharu di Mesir yaitu Muhammad Abduh, Ini sebagai pertanda bahwa kelahirannya bertepatan dengan momen demonstrasi besar-besaran dan gerakan pembaharuan (reformasi) yang terjadi di mesir pada akhir januari 2011

KAVIN ABDAH
• Merupakan "Iqtibas" (kutipan) dari Al-quran Surat Az-Zumar: 36 : أَلَيْسَ اللَّهُ بِكَافٍ عَبْدَهُ
Artinya: Bukankah Allah Maha mencukupi hamba-Nya. Dengan Harapan bahwa Allah yang maha mencukupi akan memberikan rizki yang cukup, Bukankah Nabi bersabda: Sebaik-baik rizki adalah yang mencukupi.

Tidak ada komentar: